Kamis, 25 Juni 2009

puff pastry



Pastry is my fave, tapi sayangnya ay-ay gak suka jadi aja jarang bikin...
tapi emang pastry kagak ada matinye...begitu digigit...kresss....
mo manis... mo asin... hayuuuk....

yang mau ikutan bikin, ini resepnya, dari mbak Fat NCC, tapi ala aku diakalin dikiiiiit....menyesuaikan dengan kondisi dapur..;)


Adonan Dasar Flakky Pastry (Puff Pastry)

Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
50 gr mentega tawar *aku pake blueband aja
300 ml air es
400 gr korsvet *aku pake gak sampe 400 gr krn metodeku metode cuil hehehe
1 ½ sdm gula pasir (khusus untuk pastry manis)

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, kecuali korsvet, hingga menjadi butiran, lalu uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan dengan cara menggilasnya, lalu bagi menjadi tiga bagian tanpa dipotong.

3. Dua sisi pertama oleskan korsvet, lalu lipat sedemikian rupa, tipiskan lagi, bagi tiga lagi, tipiskan lagi, begitu seterusnya hingga 6 sampai tujuh kali.
*gilas memanjang, bagi 3 bagian, anggap A, B dan C, A n B diberi korsvet, klo aku biar ngirit, korvetnya dicuil/dipotong kecil2 kira 1cm2, trus disebar dalam jarak yg kira2 sama merata. nah cara lipatnya bagian C yang tidak ber-korsvet dilipet kearah tengah menutupi bag B yang berkorsvet, trus bag A (berkorsvet juga) dilipet ke tengah numpuk diatas tumpukan B dan C. jadi A B dan C jadi 1 tumpukan. giles. ulang cara lipetan kayak tadi beberapa kali (aku cukup 4 kali)

4. Setelah puff pastry siap, istirahatkan sebentar di lemari pendingin selama lk. 15 menit. Siap untuk dibentuk.

kalo gak mau repot, pesan aku aja deh...hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar